Senin, 28 November 2016

Bikin Partisi Lewat Disk Management Pada Windows XP

http://baruartikel.blogspot.co.id/2012/06/bikin-partisi-lewat-disk-management.htmlSumber : 
 
Ketika kita melakukan instalasi pada suatu komputer atau laptop terkadang ada partisi yang belum kita buat, bisa di katakan lupa. Tapi jangan cemas, anda tidak perlu mengulangi instalasi lagi ataupun memakai software pembuat partisi. Cukup memakai fitur bawaan windows anda sudah bisa membuat partisi.
Fitur bawaan windows ini berada pada Computer Management tepatnya bernama Disk Management. Dengan disk management, anda bisa membuat partisi, redisain partisi, menentukan letak nama pada partisi. Namun yang akan kita bahas kali ini hanya pembuatan partisi yang belum dibuat, biasanya di sebut Unalocated Partition. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

Klik kanan pada My Computer pilih Manage.


Setelah masuk Computer Management masuk tabs Disk Managament.


Pada Unallocated klik kanan pilih New Partition.


Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan pilih next aja.


Pilih tipe partisi yang ingin anda buat, bisa primary, extended, logical. Tinggal mau difungsikan sebagai apa itu partisi, kalau cuma data pilih Logical Partition aja. Next


Menentukan ukuran partisi. (berapa gigakah yang ingin anda buat). Next


Pada kotak yang saya lingkari seperti pada gambar di bawah ini, anda di minta menentukan huruf untuk partisinya.


Pada tampilan seperti gambar di bawah ini, anda di minta untuk memilih mau di formatkah atau tidak partisi yang akan anda buat. Jika ingin di format sekalian, pada file system ada di minta untuk menetukan tipe partisi, saya sarankan pilih NTFS saja. Pada volume label, anda bisa memberi nama partisi yang akan anda buat. (Perform a quick format ini dijelaskan mau di format cepat atau tidak, jika tidak, maka tidak perlu kita centang pada pilihan Perform a quick format.).


Finish

Tidak ada komentar:

Posting Komentar